RSS FEED

Pertamina Pesan 10 Kapal Tanker

-- Kompas - Wednesday, 24 March 2010 --
JAKARTA, KOMPAS.com — Industri galangan kapal bisa bernapas lega. Sebab, tahun ini, order pembuatan kapal dalam negeri sepertinya akan bergairah. Salah satu perusahaan yang akan memesan kapal adalah PT Pertamina. Rencananya, tahun ini Pertamina akan memesan sedikitnya 10 kapal tanker baru untuk kebutuhan mereka.
Suhartoko, Senior Vice President of Shipping Pertamina, memastikan, Pertamina akan segera menggelar tender enam kapal minyak tanker dan empat kapal elpiji. Nilai investasinya sekitar 200 juta dollar AS. "Tender enam kapal tanker pada April, sedangkan tender empat kapal elpiji akhir tahun ini," katanya, Selasa (23/3/2010).

Menurut Suhartoko, enam kapal tanker itu untuk memenuhi 10 kapal Pertamina tahun ini hingga 2015. Pertamina akan mengutamakan industri galangan kapal dalam negeri untuk 10 kapal itu, sepanjang galangan tersebut memenuhi kriteria dan kebutuhan Pertamina. Saat ini Pertamina telah mengoperasikan 165-170
kapal. Dari jumlah tersebut, kapal milik Pertamina hanya 35 unit, sisanya adalah kapal sewaan.

Sekretaris Jenderal Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Perlindo) Wing Wiryawan menambahkan, tender kapal Pertamina itu terkait asas pemenuhan kapal berbendera dalam negeri (cabotage) yang mulai berlaku tahun ini.

Dari enam kapal ini, Pertamina memesan tiga kapal dengan kapasitas 3.500 dead weight ton (DWT), satu kapal berkapasitas 6.500 DWT, dan dua kapal berkapasitas 17.500 DWT. Sayangnya, Wing belum mau merinci mengenai siapa-siapa saja peserta tendernya.

Wing hanya mengatakan, harga kapal tanker ini tak akan jauh beda dengan harga kapal tanker yang dipesan Pertamina akhir tahun lalu. Oktober tahun lalu, Pertamina memesan dua kapal tanker berkapasitas
3.500 DWT senilai 24 juta dollar AS ke PT Data Radar Utama.

Direktur Industri Maritim Ditjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Kementerian Perindustrian Soerjono menambahkan, Kementerian Perindustrian sangat mengapresiasi Pertamina yang sudah mau memiliki kapal. "Kalau dulu mereka (Pertamina) hanya menyewa kapal, sekarang mau membuat kapal di dalam negeri" ujarnya, Selasa (23/3/2010).

Soerjono berharap, langkah Pertamina memesan kapal dari industri lokal akan diikuti oleh BUMN lain. Salah satu yang potensial ialah Pelindo. (Herlina KD, Fitri Nur Arifenie/Kontan)
(http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/03/24/09231036/Pertamina.Pesan.10.Kapal.Tanker)

0 komentar:

Posting Komentar

Return top